MASIGNASUKAv102
4922683097822459718

Cara Membuat Linkaran Menggunakan OpenGL

Cara Membuat Linkaran Menggunakan OpenGL
Add Comments
8/02/2020
Membuat Lingkaran Menggunakan OpenGL

Pada kesempatan kali ini kita akan Membuat Linkaran Menggunakan OpenGL, Seperti biasanya malasupload.com hanya akan membaikan source code gratis saja tanpa ada penjelasan. Silahkan teman-teman cari di Google.co.id untuk mendaptkan penjelasan yang lebih detail.

Oke teman-teman langsung saja ya, tidak perlu banyak basa-basi. Silahkan siapkan tools yang akan kalian gunakan kemudian copy source code dibawah ini :

#include <gl/glut.h>
#include <windows.h>
#include <math.h>

const double PI = 3.141592653589793;
int i,radius,jumlah_titik,x_tengah,y_tengah;
void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);

glBegin(GL_LINE_LOOP);
radius=40;
jumlah_titik=20;
x_tengah=50;
y_tengah=50;
for (i=0;i<=360;i++){
float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
float x=x_tengah+radius*cos(sudut);
float y=y_tengah+radius*sin(sudut);
glVertex2f(x/100,y/100);


}
glEnd();


glFlush();
}

void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}

int main(int iArgc, char** cppArgv) {
glutInit(&iArgc, cppArgv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutCreateWindow("Lingkaran");
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}
Jika program diatas kita jalankan maka akan tempil seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Linkaran Menggunakan OpenGL
Gambar Demo

Kemudian jika teman-teman ingin membuat sedikit variasi di lingkaran tersebut, teman-teman bisa copy source code dibawah ini :

#include <gl/glut.h>
#include <windows.h>
#include <math.h>

const double PI = 3.141592653589793;
int i,radius,jumlah_titik,x_tengah,y_tengah;
void Draw() {
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glColor3f(1.0, 1.0, 1.0);

glBegin(GL_LINE_LOOP);
radius=40;
jumlah_titik=20;
x_tengah=50;
y_tengah=50;
for (i=0;i<=360;i++){
float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
float x=x_tengah+radius*cos(sudut);
float y=y_tengah+radius*sin(sudut);
glVertex2f(x/100,y/100);


}
glEnd();

glBegin(GL_TRIANGLE_FAN);
radius=5;
jumlah_titik=20;
x_tengah=30;
y_tengah=60;
for (i=0;i<=jumlah_titik;i++){
float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
float x=x_tengah+radius*cos(sudut);
float y=y_tengah+radius*sin(sudut);
glVertex2f(x/100,y/100);


}
glEnd();

glBegin(GL_TRIANGLE_FAN);
radius=5;
jumlah_titik=20;
x_tengah=70;
y_tengah=60;
for (i=0;i<=jumlah_titik;i++){
float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
float x=x_tengah+radius*cos(sudut);
float y=y_tengah+radius*sin(sudut);
glVertex2f(x/100,y/100);


}
glEnd();

glBegin(GL_LINE_LOOP);
glVertex2f(0.5,0.6);
glVertex2f(0.4,0.5);
glVertex2f(0.6,0.5);
glEnd();

glBegin(GL_LINE_LOOP);
radius=20;
jumlah_titik=180;
x_tengah=50;
y_tengah=40;
for (i=90;i<=jumlah_titik;i++){
float sudut=i*(2*PI/jumlah_titik);
float x=x_tengah+radius*cos(sudut);
float y=y_tengah+radius*sin(sudut);
glVertex2f(x/100,y/100);


}
glEnd();
glFlush();
}

void Initialize() {
glClearColor(0.0, 0.0, 0.0, 0.0);
glMatrixMode(GL_PROJECTION);
glLoadIdentity();
glOrtho(0.0, 1.0, 0.0, 1.0, -1.0, 1.0);
}

int main(int iArgc, char** cppArgv) {
glutInit(&iArgc, cppArgv);
glutInitDisplayMode(GLUT_SINGLE | GLUT_RGB);
glutInitWindowSize(250, 250);
glutInitWindowPosition(200, 200);
glutCreateWindow("Lingkaran senyum");
Initialize();
glutDisplayFunc(Draw);
glutMainLoop();
return 0;
}
Jika program tersebut kita jalankan, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

Lingkaran senyum openGL
Gambar Demo

Oke teman-teman itu dia sedikit trik dalam membuat lingkaran sederhana dan variasi menggunakan OpenGL. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman semua dalam mengerjakan tugasnya.
Juan Matheus

Adalah Situs berbagi Source Code gratis dan Pembahasan seputar HTML, CSS, JavaScript, PHP, Bootstrap.