Membuat Looping for di dalam Table dengan php

Tutorial PHP
Hallo sobat-sobat semua, apa kabar kalian hari ini. Kali ini saya akan membagikan sedikit pembahasan tentang apa itu Bahasa pemrograman PHP dan juga akan saya tunjukan contoh-contohnya. Mungkin sebagian dari kalian sudah tidak asing lagi dengan bahasa pemrograman yang satu ini, apalagi kalo kalian yang berada di bidang web developer. Tapi saya yakin masih banyak juga teman-teman yang belum paham dengan bahasa pemrograman yang satu ini, terlebih khususnya untuk teman-teman yang baru saja terjun ke dunia IT khusunya di bidang minat web developer. Sebelumnya mari kita kenalan dulu sama bahasa pemrograman yang satu ini.

Apa itu Bahasa Pemrograman PHP ?
PHP (Hypertext Preprocessor) ini adalah bahasa script yang dapat kita tanamankan atau sisikan ke dalam HTML. PHP juga banyak di pakai untuk membuat atau memprogram sebuah situs web yang Dinamis. PHP juga dapat kita gunakan untuk membangun sebuah CMS.

Lalu kapan Bahasa Pemrograman PHP di buat ? (Sejarah PHP)
PHP memiliki nama atau bisa di bilang Kependekan dari Personal Home Page dimana ini hanya di buat untuk Situs personal saja. Rasmus Lerdorf adalah pembuatnya dimana PHP di buat pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih di beri nama Form Interpreted (FI)  yang kalo kita lihat wujudnya berupa Script yang digunakan untuk mengelola data-data fromulis pada sebuah web.

Nah itu dia sedikit penjelasan untuk Apa itu Bahasa Pemrograman PHP dan Sejarah Bahasa Pemrograman PHP. Untuk lebih lengkap teman-teman bisa kunjungi wikipedia lalu membacanya sampai habis. Gimana ni sudah pada paham belum dengan apa itu Bahasa Pemrograman PHP. Jika sudah paham mari kita masuk ke sesi selanjutnya, yaitu contoh-contoh yang akan saya kasih di bawah ini. Silahlan teman-teman simak dengan baik.

Apa saja yang kita perlukan untuk latihan Bahasa Pemrograman PHP  ?

  • Xampp : ini kita perlukan untuk menjalankan localhost server (Apache HTTP Server), Agar Script php yang kita buat dapat di jalankan pada Browser laptop atau pc kalian. Jadi silahkan teman-teman download dulu ya di website resminya Xampp, jika sudah di download silahkan kalian install dan jalankan atau Apachenya ya. Oo iya untuk Xampp ini  gratis dan open source ya, Jadi teman-teman bisa mendownloadnya dengan gratis.
  • Text editor : Untuk text editor teman-teman bebas mau pakai text editor apa saja. di sini saya akan menggunakan Sublime Text. Kalau kalian juga mau menggunakan Sublime Text kalian bisa langsung download saja di Website resminya secara gratis.
  • Web Browser : ini kita gunakan untuk menjalankan Script php yang sudah kita buat. Teman-teman bebas mau pakai Browser apa saja ya. ( Chrome, Firefox,dll ).

Latihan 1

Kita akan menampilkan atau mencetak sebuah text ke website. Untuk mulai koding php kita harus membukanya dengan <?php Lalu tutup dengan ?> Contoh di bawah ini untuk mencetak huruf ke website :
<?php
echo "Belajar php di omjuan.com";
?> 
Lalu setelah itu save file kalian dengan nama latihan1.php (bebas kalian mau kasih nama apa saja)  ini ke dalam folder C:\xampp\htdocs buat dulu folder latihan1 kalian lalu save di dalamnya C:\xampp\htdocs\latihan1.

Jika sudah silahkan buka browser kalian lalu ketikan localhost/latihan/latihan1.php dan enter, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini :
Tutorial PHP
Nah selamat kalian sudah berhasil mencetak atau menampilkan hurud di halaman web latihan1 kalian. Jika gagal pastikan Apache di xampp kalian sudah dijalankan ya

Latihan 2
Untuk menampilkan atau mencetak huruf di dalam php sudah berhasil, sekarang mari kita coba untuk membuat operasi matematika sederhana tambah dan kurang di php, Contoh kode di bawah ini :
<?php
/*
Tambahan di php 20 ditambah 6 hasil nya? 
*/
$a = 20; // variable a kita isi dengan nilai 20
$b = 6; // variable b kita isi dengan nilai 6
$c = $a + $b; // disini adalah proses nya
echo "Hasil  $a + $b = $c"; // outputnya disini
echo "</br>"; // membuat baris baru. sudah belajar html kan? tau dong berarti.
echo "=======================";
echo "</br>";
/*
Pengurangan di php 5 dikurang 12 hasil nya? 
*/
$x = 5; // variable a kita isi dengan nilai 5
$y = 12; // variable b kita isi dengan nilai 12
$z = $x - $y; // ini adalah prosesnya
echo "Hasil dari Pengurangan $x - $y = $z"; // outputnya disini
?>
Seperti tadi di awal untuk menjalankannya kita save dulu dengan nama latihan2.php, kemudian kalian buka lagi url yang tadi localhost/latihan/latihan2.php tapi latihan1.php kalian ganti dengan latihan2.php, seperti contoh yang sudah saya kasih. Maka jika berhasil akan tampil seperti gambar di bawah ini  :
Tutorial PHP

Nah gimana ni latihannya, sudah bisa kalian pahami atau belum ? jika kalian belum paham kalian bisa komentar di bawah ini. nanti saya akan membantu kalian. Untuk selanjutnya kita akan belajar dengan perintah-perintah yang lebih rumit lagi, jadi pastikan kalian sudah paham dengan apa itu PHP dan fungsi-fungsi dasarnya. Kalian bisa belajar fungsi dasarnya yang lengkap di "W3school". Mari kita belajar PHP lebih dalam, silahkan kalian buka Tutorial PHP ini adalah label situs saya yang khususnya untuk Tutorial PHP silahkan kalian klik untuk belajar di sana dengan lebih banyak perintah yang unik.
Iklan ada di sini

Komentar

  1. Terimakasih sudah membuat artikel bermanfaat khususnya bagi saya

    BalasHapus
Terimakasih telah mengunjungi situs ini. Silahkan berkomentar dengan bijak.Komentar spam atau berisikan link aktif tidak akan di tampilkan. Terimakasih