MASIGNASUKAv101
4922683097822459718

JavaScript Dasar : Pengenalan JavaScript dasar dan Penulisannya

JavaScript Dasar : Pengenalan JavaScript dasar dan Penulisannya
Add Comments
10/26/19
Tutorial Javascript
#JAVASCRIPT #W3S JAVASCRIPT
Omjuan.com - JavaScript Dasar : Pengenalan JavaScript dasar dan Penulisannya : Hallo sobat-sobat semua, apalabar kalian hari ini ?. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar sebuah bahasa Pemrograman  tingkat tinggi, yaitu JavaScript. Mungkin sebagian atau banyak dari teman-teman sudah memahami tentang bahasa pemrograman yang satu ini. Tetapi saya yakin masih ada sebagian dan banyak juga teman-teman kita yang belum kenal dan mungkin juga sudah kelas tapi belum memahami tentang JavaScript. Oleh karena itu pada artikel ini kita akan membahas tentang bahasa pemograman yang satu ini, lalu apa saja yang akan kita belajar pada artikel kali ini :

  1. Apa itu JavaScript
  2. Sejarah JavaScript
  3. Mengapa Kita Menggunakan JavaScript
  4. JavaScript Bisa Di Gunakan Selain Di Website
  5. Open Source(Gratis) Dan Bisa Digunakan Di Mana Saja
  6. Mudah Untuk Di Pahami
  7. Banyak Komunitas Yang Aktif
  8. Sangat Ringan Juga
  9. Contoh  Dasar JavaScript Untuk Pemula

Nah kira-kira itu dia teman-teman yang akan di bahas dan di pelajari dalam artikel JavaScript Dasar : Pengenalan JavaScript dasar dan Penulisannya. Semoga teman-teman semua bisa mengerti ya, Oke langsung saja ya teman-teman :

1. Apa itu JavaScript

JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang tinggkat tinggi dan juga dinamis. JavaScript sangatlah populer di hampir semua internet dan juga dapat bekerja di semua penjelajah Website Populer seperti contonya : Google Chrome, Opera Mini, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan lain-lain. JavaScript juga dapat di sisipkan atau di letakan di dalam website dengan menggunakan tag Script . JavaScript ini merupakan salah satu teknologi inti Word Wide Web selain dari HTML dan CSS. JavaScript membantu kita dalam membuat halaman website kita menjadi lebih interaktif dan juga merupakan bagian dari aplikasi website yang esensial.

Pada awalnya JavaScript hanya diimplementasikan sebagai client-slied dalam penjelajah website, namun kini engine JavaScript dapat disisipkan ke dalam perangkat lunak, seperti dalam Server-side dalam Server Web dan juga Basis Data, dalam sebuah program non web contohnya seperti perangkat lunak pengelolah kata dan pembaca PDF, dan juga sebagai runtime environment yang memungkinkan pengguna atau programmer JavaScript  dapat membuat aplikasi dekstop maupun mobile. Untuk format atau ekstensi file Javascript sendiri adalah .js .mjs. Jenis media internet application/javascript text/javascript 

2. Sejarah JavaScript

Bahasa Pemrograman JavaScript ini pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dengan nama Mocha, kemudian namanya Diganti menjadi LiveScript, dan pada akhirnya di ganti menjadi JavaScript hingga saat ini. 
Penampilan pertama kali JavaScript pada 4 Desember 1995.

3. Mengapa Kita Menggunakan JavaScript

Dari hasil survei yang telah dilakukan GitHub, Bahasa Pemrograman JavaScript ini merupakan yang sangat populer dan juga banyak dipakai oleh developer di seluruh penjuru muka bumi ini yang mendistribusikan program di situs tersebut.

4. JavaScript Bisa Di Gunakan Selain DI Website

Pada awalnya bahasa pemrograman yang satu ini hanya untuk mengembangkan webiste yang ada di bawah Europan Computer Manufactures Association International(ECMA). Ini adalah Organisasi yang mengatur semua standar bahasa pemrograman untuk website.

Namum semakin kedepan dalam perkembangannya, dengan munculnya bebagai jenis sistem operasi mobile contohnya seperti Android dan iOS. Beberapa developer mengembangkan platfrom dan juga framework yang memungkinkan Bahasa pemrograman yang satu ini dapat di publikasikan ke dalam perangkat Mobile.

5. Open Source(Gratis) Dan Bisa Digunakan Di Mana Saja

Bukan seperti Swift yang hanya dapat digunakan di Mac OS, atau C# yang hanya dapat berjalan di Windows saja. Untuk JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang universal bisa digunakan diberbagai macam sistem operasi contohnya seperti Windows, OS X, dan juga Linux

6. Mudah Untuk Di Pahami

JavaScript ini merupakan yang mudah untuk dipahami. Bahasa pemrograman JavaScript ini dibuat dari referensi bahasa pemrograman yang lain seperti Java, C++, Python, dan lainnya. Sehingga alurnya cara penulisannya kode cukup mirip.

7. Banyak Komunitas Yang Aktif

Meskipun dibuat pada tahun 1995, JavaScript bisa kita bilang sebagai salah satu bahasa pemrograman yang cukup muda. Sehingga tidak heran pengembangan dan komunitasnya cukup banyak dan aktif juga.

8. Sangat Ringan Juga

Seperti penjelasan saya diatas tadi, JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang berbasis client-slied, yang bisa kita artikan semua atau seluruh proses yang terjadi pada sebuah halaman website akan terjadi pada klien dan perambaan website. Jadi kesimpulannya server hanya memproses HTTP-requestnya saja.

Sedangkan pada Javascript yang sisi klien ini, 3 tahan itu di rangkum menjadi 2 langkah saja, yaitu proses dan respon. Dua langka itu juga dilakukan dikompter loka saja, jadi semua itu bisa mempersingkat waktu. Ini dia yang membuat bahasa pemrograman yang satu ini sangat ringan untuk kita pakai. 

9. Contoh  Dasar JavaScript Untuk Pemula

Nah bagaimana teman-teman itu dia sedikit pengenalan dari JavaScript. Oke saya akan kasih sebuah contoh sederhana dari JavaScript  ini kita hanya buat untuk Belajar JavaScript Dasar. Silahkan buat dulu sebuah html seperti contoh di bawah ini :

Untuk Lebih Lengkap Silahkan Baca Di : Tutorial Lengkap JavaScript

<html>
<head>
    <title>Omjaun.com - JavaScript Dasar : Pengenalan JavaScript dasar dan Penulisannya</title>
</head>
<body>

</body>
</html>

Jika sudah silahkan teman-teman buka tag didalam tag Head, lalu ketikan kode JavaScript kedalam tag script Seperti contoh di bawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Omjaun.com - JavaScript Dasar : Pengenalan JavaScript dasar dan Penulisannya</title>
     <script type="text/javascript">
     alert("Belajar Java Script Di Omjuan.com");
     </script>
</head>
<body>

</body>
</html>

Script yang kita buat ini akan menampilkan sebuiah MessageBox dengan teks " Belajar Java Script Di Omjuan.com " ketika file htmlnya kita buka di Browser. seperti gambar dibawah ini :

Tutorial JavaScript

Oke teman-teman sekian dari saya untuk artikel tentang JavaScript Dasar : Pengenalan JavaScript dasar dan Penulisannya. Semoga dengan artikel ini, teman-teman yang belum paham dengan JavaScript dapat paham dan bisa mengerti. Sekian dari saya OMJUAN - Tutorial Web Online salam titik koma:).
OmJuan.com

Adalah Situs berbagi Source Code gratis dan Pembahasan seputar HTML, CSS, JavaScript, PHP, Bootstrap.

Terimakasih telah mengunjungi situs ini. Silahkan berkomentar dengan bijak.Komentar spam atau berisikan link aktif tidak akan di tampilkan. Terimakasih