Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Edit Video CapCut Terlengkap Untuk Pemula


Cara Edit Video CapCut Terlengkap Untuk Pemula

Anda berkeinginan untuk menciptakan video yang menarik dan viral di TikTok? Tidak perlu khawatir, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan mengikuti panduan cara edit video CapCut terlengkap untuk pemula.

CapCut adalah salah satu aplikasi editing video terbaik untuk pengguna TikTok di platform Android. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang memungkinkan Anda untuk mengikuti tren video yang sedang populer di kalangan pengguna internet.

Apakah Anda penasaran bagaimana cara membuat video dengan efek "jedag jedug" dan transisi foto tanpa watermark yang sering mendapatkan tempat di FYP (For You Page)? Mari kita langsung mencoba panduan edit video CapCut! 

Cara Edit Video CapCut

Mengedit video adalah kegiatan yang kini semakin populer, terutama di era digital ini. Dengan aplikasi seperti CapCut, mengedit video bisa menjadi lebih mudah dan menarik.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menggabungkan klip, menambahkan efek, teks, stiker, dan berbagai elemen kreatif lainnya sebelum akhirnya menyimpan dan membagikan video mereka.

Sebelum kita masuk ke dalam cara edit video CapCut, penting untuk memahami dasar-dasar penggunaan aplikasi ini. Untuk itu, Anda perlu mengunduh aplikasi CapCut terlebih dahulu.

Anda dapat mengunduh versi desktop jika ingin melakukan editing di laptop atau PC, atau menggunakan versi mobile jika ingin mengedit video melalui ponsel. Setelah aplikasi terpasang, ikuti langkah-langkah cara edit video CapCut terlengkap untuk pemula di bawah ini:

1. Kenali Fitur CapCut

Sebelum mulai cara edit video CapCut, ada baiknya untuk mengenal aplikasi ini dengan baik. Anda tidak perlu memahami semua fitur sekaligus, tetapi paling tidak, mengerti tombol-tombol dasar dan fungsinya dalam proses pengeditan video.

Saat Anda membuka CapCut, Anda akan melihat tombol menu di bagian atas, termasuk "Kamera" untuk merekam video langsung, "Perbaiki" untuk mengedit video yang sudah ada, dan berbagai opsi lainnya seperti "Keterangan" dan "Prompter."

Selain itu, Anda akan menemukan tombol "Proyek Baru" untuk memulai proyek baru, serta tombol "Edit," "Template" untuk mencari konsep video siap pakai, "Kotak Masuk," dan "Profil" di bagian bawah.

Setelah memahami halaman awal, langkah selanjutnya adalah mengenal tombol-tombol yang ada di dalam jendela pengeditan. Cobalah buka aplikasi CapCut dan perhatikan hal-hal berikut:

  • Klik ikon "Proyek Baru" untuk menambahkan klip ke proyek Anda.
  • Perhatikan tombol-tombol yang ada di bagian bawah jendela pengeditan dan fungsinya.

Beberapa tombol penting yang akan Anda temui dalam jendela pengeditan adalah:

  • Audio dan Teks: Digunakan untuk menambahkan backsound dan teks ke dalam video.
  • Edit: Untuk masuk ke jendela menu di bawah ini.
  • Bagi: Berguna untuk memisahkan satu klip menjadi dua.
  • Kecepatan: Digunakan untuk mengatur kecepatan video. Mempercepat video akan menciptakan efek time-lapse, sementara memperlambatnya akan menghasilkan efek slow motion.
  • Animasi: Berfungsi untuk menambahkan efek gerak pada video.
  • Gaya: Digunakan untuk mengedit foto dengan gaya tertentu, misalnya, mengubah ekspresi wajah.
  • Hapus: Untuk menghilangkan klip yang tidak diinginkan.
  • Memotong: Berguna untuk menghapus gambar latar belakang atau bagian yang tidak diperlukan.
  • Volume: Untuk mengatur tingkat volume suara dalam video.

Selain itu, ada tombol lain yang memungkinkan Anda untuk menambahkan filter, mengedit klip, memberikan efek overlay, dan lainnya. Lebih baik jika Anda mengeksplorasi fitur-fitur ini secara langsung untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

2. Menyempurnakan Video dengan Grafik

Salah satu cara edit video CapCut untuk membuat video Anda lebih menarik adalah dengan menambahkan elemen grafis. Elemen ini membantu peralihan antar keyframe menjadi lebih mulus. Berikut langkah-langkahnya:

  1.  Buka aplikasi CapCut.
  2. Pilih proyek yang ingin Anda edit atau buat proyek baru.
  3. Tentukan titik pada video yang ingin Anda tambahkan efek zoom.
  4. Klik layer video untuk membuatnya aktif dan munculkan menu pengeditan di bagian bawah (ditandai dengan menu bagi, kecepatan, dll.).
  5. Klik ikon keyframe di bagian bawah.
  6. Zoom dan geser klip video untuk menunjukkan area yang ingin Anda sorot.
  7. Klik tombol "Putar" untuk melihat pratinjau hasil editing video.

Anda dapat menambahkan lebih banyak keyframe sesuai kebutuhan. Gabungkan berbagai klip video dengan keyframe dan sesuaikan efek dan gerakan menggunakan menu "Grafik" untuk membuat video yang lebih menarik.

3. Menambahkan Teks dan Audio

Saat ini, video yang hanya diedit dengan efek visual saja mungkin terasa kurang lengkap. Teks dan audio merupakan elemen penting untuk menambahkan dramatisasi pada video Anda. Untungnya, CapCut menyediakan semua yang Anda butuhkan dalam satu aplikasi.

  1. Dalam jendela pengeditan video, pastikan klip tidak dipilih.
  2. Klik "Teks" di menu bawah untuk menambahkan teks atau "Audio" untuk mengganti suara latar atau menambahkan backsound.
  3. Tambahkan teks yang ingin Anda tampilkan dan pilih audio yang sesuai. Anda dapat memilih dari audio yang sudah ada di CapCut atau mengunggah audio sendiri.
  4. Klik tanda centang untuk menyimpan hasil editan.

4. Menyulap Video dengan Efek Overlay

Untuk cara edit video CapCut agar video Anda lebih dramatis, Anda dapat menambahkan efek overlay. Ini melibatkan menggabungkan dua atau lebih video, gambar, teks, atau elemen lain dalam satu layar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Di jendela pengeditan, klik menu "Overlay" di bagian bawah.
  2. Klik "Tambahkan Overlay."
  3. Tambahkan gambar, video, teks, atau elemen lain yang telah Anda siapkan sebelumnya.
  4. Klik "Menu Splice."
  5. Sesuaikan tingkat transparansi (opacity) dan ukuran elemen overlay sesuai kebutuhan.
  6. Pratinjau hasil dengan mengklik tombol "Putar" sebelum menyimpan video.

5. Menggunakan Template

Jika Anda ingin lebih memudahkan proses cara edit video CapCut, aplikasi ini menyediakan berbagai template yang bisa Anda gunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi CapCut yang telah diinstal di ponsel Anda.
  2. Pilih opsi "Template."
  3. Pilih salah satu template yang tersedia. Anda bahkan dapat membuat template karya pribadi.
  4.  Setelah memilih template, unggah beberapa foto yang ingin Anda masukkan ke dalam template.
  5. Ketuk ikon simpan yang terletak di sudut kanan atas layar setelah selesai.
  6. Tunggu hingga CapCut selesai mengedit foto-foto Anda sesuai dengan template yang dipilih.

6. Menyimpan dan Membagikan Video

Langkah terakhir setelah selesai cara edit video CapCut adalah menyimpan hasilnya. Berikut cara untuk mendapatkan video yang telah Anda edit:

  1. Klik pada dropdown "1080p" di bagian atas kanan layar.
  2. Sesuaikan resolusi, tingkat fps, dan fitur lainnya sesuai kebutuhan output video Anda.
  3. Klik panah yang menghadap ke atas dan tunggu hingga proses ekspor selesai.
  4. Pilih platform media sosial untuk mempublikasikan video Anda. Jika Anda ingin menyimpannya secara pribadi, klik "Lainnya" dan pilih "Simpan ke Galeri."

 

Dengan mengikuti cara edit video CapCut di atas, Anda dapat mengedit video dengan lebih percaya diri menggunakan aplikasi CapCut. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai fitur yang tersedia dan temukan gaya editing video yang sesuai dengan kreativitas Anda.